Marhaban ya Ramadhan

                Gue : “Ini mau nulis apaan coba?”
                Temen : “Tulis aja apa yang diinget”
                Gue : “Gue inget mantan, malu dong”
                Temen : “Emang punya mantan?”
                Gue : “Ya terus mau nulis apa coba, masa kisah kita berdua. Kita sama-sama laki”
Itu sih sebenernya percakapan antara fikiran dan mulut. Di tulis “temen” biar kesannya ada yang perhatian kenapa gak nulis-nulis lagi, gitu. Sekarang kita mau cerita apa? Padahal gue sendiri yang cerita kan ya. Jawab ya, di kolom di bawah ini. Kolomnya ada? Kalau gak ada, ya gak usah tulis. Gitu aja repot.
               
                Berhubung sekarang itu bulan ramadhan yang penuh berkah, kita cerita ramadhan aja yes. Cerita pengalaman gue ke jawa untuk pertama kalinya di pending dulu. Maklum gue lagi sibuk. Ini aja nulis disuruh temen. Dia datang ke rumah. Nyuruh buat nulis? Bukan, ngajak main futsal.

                Alhamdulillah, kita bertemu lagi dengan bulan ramadhan. Bagi jomblo yang belum ketemu jodoh, sabar ya. Halah jomblo ngomongin jodoh? Pacar aja masih desas desus. Gebetan aja masih….. udah lah ya. Ini bulan ramadhan, gak boleh jelek-jelekin jomblo. Mungkin nih, jomblo ramadhan kemaren belum khatam Al-Qur’an kali ya? Khatam dulu gih. Mudah-mudahan biar dapet jodoh? Bukan, biar pas ada guru yang nanya. “Di sini siapa yang udah khatam?”. Kalian para jomblo bisa ikutan ngangket tangan.

                Di duapertiga puasa ini, pasti temen-temen mendengar ustadz ngomong gini. “Kita ramenya mah cuma di awal puasa doang, semakin hari semakin berkurang”. Kalau di hitung secara statistika sih, bisa jadi apa kata ustadz itu. Pada akhirnya, 2 hari sebelum lebaran, mungkin yang hadir penceramah, imam yang sekaligus penceramah tadi, garim mesjid yang juga sekaligus penceramah tadi. Tapi kenapa sih ustadz ngomong gitu. Bukannya omongan itu adalah doa? Dan doa ustadz itu, ya kita taulah.

                Kemudian yang jadi perhatian buat gue adalah anak-anak. Anak-anak zaman sekarang udah beda. Mereka bukannya shalat di dalam mesjid malah berlarian bersama-sama di halaman mesjid. Ini nih penampakannya.



Kok gelap sih? Ya iyalah, kameranya gue tutup. Nah lalu mereka itu berisik, gue yang di dalam jadi pengen keluar juga, halah. Bukannya gue sok suci. Kalau di zaman gue kecil nih, kalau kami gak shalat teraweh. Keluarnya itu diem-diem. Pas sujud taraweh rakaat pertama, keluar dua. Begitu seterusnya pas orang lagi sujud. Jadi, wajah kami yang keluar gak bisa di recognize oleh orang-orang tua. Dan setelah keluar, kami gak main di halaman mesjid. Kami ngerti orang di dalam mesjid butuh konsentrasi yang tinggi buat taraweh. Kami ke tempat PlayStation misalnya. Atau kami main ke sekolah-sekolah. Ini nih yang aneh dengan kami. Di saat siang, saat bener-bener ke sekolah buat belajar, gak hadir. Tapi malam buat main, malah hadir. Generasi macam apa itu *tibatibahening*   

                Malam tadi gue juga merasa kurang ngeh. Ngeh itu apa? Terserah mau artiin apa, belum ada di KBBI. Gak punya KBBI? Sama. Malam tadi itu adalah acara-acara yang diadakan remaja mesjid di mesjid buat cerdas cermat dan lain-lain. Gue taunya cuma cerdas cermat doang, karena di sana adalah ladang mata pencaharian. Sorenya itu, di saat semua tenda udah terpasang di halaman mesjid. Kemudian datang sesosok ibu-ibu-yang-gue-gak-tau-siapa tapi semua temen deket rumah gue tau, datang ke mesjid. Kemudian ibu-ibu itu mengeluarkan untaian kata yang intinya, gak boleh ngadain acara di mesjid ini. Dan terpaksa, acara dipindahkan ke rumah warga. Padahal acara nunggu malam aja, semua perkakas udah standby. Dan di saat berbukalah remaja mesjid memindahkan semuanya.

                Nah, ini yang bikin gak enak lagi. Malamnya juga, gue lewat di acara itu. Mau beli nasi goreng. Sendiri? Enggak lah, bertiga. Gue gak kasian-kasian amat kok, mblo. Gue jadi setuju sama ibu-ibu-yang-gak-gue-ketahui itu. Banyak sekali pasangan yang bermesra-mesraan di area gelap-gelap nanggung. Makanya itu di larang acaranya di mesjid yes. Dan untuk diketahui, acaranya itu di atas jam 10 malam. Dan yang lebih gak ngehnya gue, yang pacaran itu ada panitia acaranyaaa. Bukankah panitia itu bertugas tentang kelangsungan acara? Sekali lagi, gue itu bukan sok suci. Gue gak ngelarang buat pacaran tapi sesuaikan waktu dan tempat lah. Ya gue itu siapa kan, ngelarang-ngelarang. Semoga nih ya, yang pacaran itu cepet putus. *Itu doa yang direquest temen gue buat ditulis*.


                Kita lupain aja lah ya yang jelek-jelek itu, kita ambil hikmah dari cerita yang gue gak tau apa. Semoga ramadhan tahun ini dapat berjalan lancar. Semoga juga kita bertemu lagi di ramadhan selanjutnya. Kita? Iya aku dan kamu =$  

Komentar

Postingan Populer